15 AI Untuk Buat Presentasi Cepat, Mudah dan Menarik

    15 AI Untuk Buat Presentasi Cepat, Mudah dan Menarik

    PENDIDIKAN - Presentasi adalah hal dan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang guna menyampaikan informasi dan pesan kepada orang banyak. Terkadang banyak kendala dalam membuat presentasi, salah satu kendala membuat tampilan presentasi yang menarik. Untuk mempermudah hal tersebut saat ini terdapat beberapa AI yang dapat digunakan untuk membuat presentasi PowerPoint secara otomatis atau membantu dalam proses pembuatan presentasi antara lain:

    1. Beautiful.ai
    AI ini membantu dalam mendesain slide PowerPoint secara otomatis. Pengguna hanya perlu menyediakan konten, dan Beautiful.ai akan menyarankan desain slide yang menarik.

    2. DesignScape by Canva
    Meskipun lebih dikenal untuk desain grafis, Canva juga memiliki fitur AI yang dapat membantu dalam pembuatan presentasi, termasuk layout dan desain slide yang menarik. DesignScape dapat membantu menyusun elemen desain pada slide PowerPoint dengan lebih efektif.

    3. Slidebean
    Slidebean menggunakan AI untuk membantu pengguna merancang presentasi dengan memasukkan konten ke dalam template yang telah dirancang sebelumnya. AI membantu dalam penyusunan layout dan memilih desain yang cocok.

    4. Zoho Show
    Zoho Show menggunakan AI untuk membantu pengguna membuat presentasi yang lebih interaktif dan menarik. Ini termasuk saran desain, pemilihan warna, dan lain-lain berdasarkan konten yang diberikan.

    5. Pictory
    Meskipun fokus utamanya adalah pada pembuatan video dari teks, Pictory juga dapat digunakan untuk membuat slide presentasi dari skrip. AI akan membantu memilih gambar, teks, dan layout berdasarkan konten yang diberikan.

    6. Visme
    Visme adalah alat desain yang memiliki fitur AI untuk membantu pengguna dalam membuat presentasi yang menarik visual. Ini termasuk analisis konten untuk menyarankan desain grafis dan layout yang cocok.

    7. Lumen5
    Meskipun lebih fokus pada pembuatan video, Lumen5 dapat mengkonversi teks menjadi presentasi visual yang menarik. Ini berguna untuk membuat slide atau segmen video dalam presentasi PowerPoint.

    8. Emaze
    Platform pembuatan presentasi ini menggunakan AI untuk menawarkan template dan desain yang otomatis berdasarkan konten pengguna. Emaze membantu membuat presentasi yang lebih dinamis dan visual menarik.

    9. Genially
    Terkenal dengan kemampuannya membuat konten interaktif, Genially menggunakan AI untuk memberikan saran desain dan interaktivitas dalam presentasi, yang membuatnya menonjol dan menarik bagi audiens.

    10. Powtoon
    Fokus pada pembuatan animasi dan video, Powtoon juga bisa digunakan untuk membuat slide presentasi yang berisi animasi atau video. AI dalam Powtoon membantu dalam menganimasikan karakter dan objek dalam slide.

    11. Prezi
    Meski bukan berbasis AI secara spesifik, Prezi menawarkan pendekatan unik dalam pembuatan presentasi dengan zoom dan transisi yang dinamis. Fitur ini dapat memberikan cara baru dan menarik untuk menyampaikan informasi.

    12. Vizologi
    Platform ini menggunakan AI untuk membantu pengguna dalam fase brainstorming dan strategi konten presentasi. Vizologi dapat memberikan inspirasi dan ide berdasarkan tren industri dan analisis pasar.

    13. SlidesAI
    Sebuah tool yang relatif baru, menggunakan AI untuk membantu pengguna merancang slide presentasi dengan cepat. Pengguna cukup memasukkan konten, dan SlidesAI akan menyarankan layout dan desain.

    14. Synthesia
    Meskipun lebih dikenal untuk pembuatan video AI, Synthesia dapat digunakan untuk membuat video pendek yang bisa diintegrasikan ke dalam presentasi PowerPoint. Ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan narasi atau penjelasan video yang dibuat dengan AI, menambahkan dimensi baru pada presentasi.

    15. Glide
    Glide adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi web dari Google Sheets, dan meskipun tidak secara langsung dibuat untuk PowerPoint, fitur ini bisa digunakan untuk menyajikan data secara interaktif dalam presentasi.

    16. Canva Presenter
    Sebagai bagian dari alat desain Canva, Canva Presenter menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat presentasi yang lebih interaktif dan menarik dengan bantuan AI, termasuk rekomendasi desain dan layout.

    17. Mentimeter
    Bukan AI untuk pembuatan slide, tapi Mentimeter memungkinkan interaksi audiens melalui kuis, polling, dan feedback yang bisa diperkaya dengan AI untuk membuat presentasi lebih interaktif dan menarik.

    18. Orai
    Meskipun fokus utama Orai adalah pada peningkatan kemampuan berbicara dan presentasi melalui AI, fitur analisisnya dapat membantu dalam menyusun naskah atau catatan speaker yang lebih efektif untuk presentasi PowerPoint.

    19. SlideLizard
    Terintegrasi langsung dengan PowerPoint, SlideLizard memungkinkan polling waktu nyata, tanya jawab, dan berbagi slide dengan audiens. Meskipun bukan AI, ini menambahkan level interaktivitas yang dapat dikombinasikan dengan solusi AI lain untuk presentasi yang lebih dinamis.

    20. Pitch
    Platform pembuatan presentasi yang menawarkan kolaborasi tim dalam waktu nyata dan fitur desain berbasis AI, membuat proses pembuatan presentasi lebih cepat dan efisien.

    21. Sway
    Produk dari Microsoft ini menawarkan cara alternatif untuk membuat presentasi yang lebih naratif dan desain yang responsive. AI membantu dalam mengorganisir konten dan menyarankan layout yang sesuai.

    22. Haiku Deck
    Haiku Deck menggunakan AI untuk membantu pengguna menciptakan presentasi yang visual dengan menyarankan gambar dan desain slide berdasarkan konten yang dimasukkan.

    23. Crello
    Sama seperti Canva, Crello menawarkan fitur desain grafis dengan dukungan AI, termasuk pembuatan presentasi dengan template yang mudah disesuaikan dan desain yang menarik.

    24. Gamma.ai
    Gamma menyediakan akan memudahkan anda dalam membuat presentasi dengan hanya memasukan judul dan tema presentasi maka gamma akan membuatkan untuk anda dilengkapi design yang menarik.

    25. Tome
    Tome menyediakan akan memudahkan anda dalam membuat presentasi dengan hanya memasukan judul dan tema presentasi maka tome akan membuatkan untuk anda dilengkapi design yang menarik.

    Dengan bantuan AI ini diharapkan membuat presentasi tidak lagi menjadi beban dan presentasi anda menjadi lembih menarik bagi audiens.

    hidayatullah presentasi dosen profesional ai
    Dr. Hidayatullah

    Dr. Hidayatullah

    Artikel Sebelumnya

    Saiful Chaniago: Maluku Berhak Mendapatkan...

    Artikel Berikutnya

    Kemenag dan Lembaga Mitra Bahas Dana Hibah...

    Berita terkait